Miss Panda and Hedgehog

Miss Panda and Hedgehog

Zai Zai Ternyata Tidak Bisa Berbahasa Taiwan Dengan Baik!

Mungkin sukar dipercayai jika aktor ganteng Taiwan dan personel F4, Vic Zhou alias Zai Zai yang merupakan warga asli dan kelahiran Taiwan itu ternyata tidak bisa berbahasa Taiwan (Mandarin) dengan baik. Hal itu membuat kaget produser Virginia Liu yang mendapuknya untuk menjadi bintang drama kolaborasi China daratan danTaiwan bertajuk Return Home ketika syutingnya baru dimulai.

Keheranan Virginia Liu dapat dimaklumi karena Zai Zai jelas adalah kelahiran wilayah Ilan, Taiwan. Namun yang kurang diketahui sang produser bahwa orang-orang Ilan tidak selalu berbahasa Taiwan walau Ilan sendiri merupakan pusat atraksi budaya maupun atraksi turisme terkemuka Taiwan. Zai Zai sendiri terkenal tidak bisa membedakan akhiran 'an' dengan 'ang'.

Sebagai contoh, kalimat 'zhuang che' (menabrakkan mobil) dibunyikan 'zhuan che' (membolongi mobil) sehingga banyak orang mengira Zai Zai berbahasa Mandarin China daratan beraksen Taiwan padahal keduanya tidak ada kaitannya. Ternyata Zai Zai hanya bisa berbicara kalimat tunggal bahasa Taiwan namun tidak bisa berbicara dengan kalimat lengkap.

Manajer Zai Zai bercanda jika Zai Zai dikira berasal dari China daratan, tentu saja ia tidak akan didapuk jadi bintang drama 
Return Home. Drama itu sendiri berlatar pada masa pendudukan Jepang di Taiwan dimana Zai Zai berperan sebagai dokter militer dalam Angkatan Darat Jepang. Walau berdinas dalam militer Jepang, ia tidak dianggap sebagai orang Jepang oleh orang Jepang sendiri, sedangkan ia juga tidak diterima sebagai orang Taiwan maupun China daratan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Glitter Words